Implementasi Algoritma Binary Search Pada Pencarian Data Jemaat

  • Bernad Jumadi Dehotman Sitompul Universitas Sama Ratulangi

Abstract

Algoritma binary search ini sering digunakan dalam pencarian data karena kompleksitas dari algoritma ini adalah Ο(log n). Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) yaitu gereja protestan terbe

Algoritma binary search ini sering digunakan dalam pencarian data karena kompleksitas dari algoritma ini adalah Ο(log n). Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) yaitu gereja protestan terbesar di kalangan masyarakat Batak, bahkan juga di antara Gereja-gereja Protestan yang ada di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, HKBP tersebar hampir di seluruh daerah kota maupun desa. Salah satu gereja HKBP yang berdiri di Sulawesi Utara di daerah kota adalah gereja HKBP Manado. Dengan memiliki jemaat hampir 700 jiwa, gereja HKBP konsisten memberikan pelayanan. Namun dalam pengolahan dan pencarian data jemaat, gereja HKBP Manado masih menggunakan Microsoft Excel. Dan setiap melakukan pencarian data jemaat masih menggunakan formula filter yang tersedia di Microsoft Excel. Sehingga dalam melakukan pencarian data jemaat sangat bergantung pada kriteria yang ada pada tabel data jemaat.  Oleh karena itu pada penelitian ini, sistem yang ada akan dikembangkan baik dalam pengolahan dan penyimpanan data serta penerapan algoritma pencarian binary search yang dikemas dalam kode program. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Visual Basic for Application yang tersedia di Microsoft Excel. Sistem yang dikembangkan nantinya juga akan memberikan tampilan berbasis Graphic User Interface dan mudah untuk digunakan dan dalam pencarian data juga akan lebih spesifik dan akurat.

sar di kalangan masyarakat Batak, bahkan juga di antara Gereja-gereja Protestan yang ada di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, HKBP tersebar hampir di seluruh daerah kota maupun desa. Salah satu gereja HKBP yang berdiri di Sulawesi Utara di daerah kota adalah gereja HKBP Manado. Dengan memiliki jemaat hampir 700 jiwa, gereja HKBP konsisten memberikan pelayanan. Namun dalam pengolahan dan pencarian data jemaat, gereja HKBP Manado masih menggunakan Microsoft Excel. Dan setiap melakukan pencarian data jemaat masih menggunakan formula filter yang tersedia di Microsoft Excel. Sehingga dalam melakukan pencarian data jemaat sangat bergantung pada kriteria yang ada pada tabel data jemaat.  Oleh karena itu pada penelitian ini, sistem yang ada akan dikembangkan baik dalam pengolahan dan penyimpanan data serta penerapan algoritma pencarian binary search yang dikemas dalam kode program. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Visual Basic for Application yang tersedia di Microsoft Excel. Sistem yang dikembangkan nantinya juga akan memberikan tampilan berbasis Graphic User Interface dan mudah untuk digunakan dan dalam pencarian data juga akan lebih spesifik dan akurat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bawanto, D. R., & Rosmawanti, N. (2017). Perbandingan Algoritma Binary Search Dan Raita Dalam Pencarian Data. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 6(1), 1311-1316.
Deva, A. R. S. (2021). Penerapan Algoritma Binary Search Pada Aplikasi E-Order (Studi Kasus Paris Van Java Kota Bengkulu). JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika), 3(6), 571-580.
Hendy, K., & Istiono, W. (2020). Efficiency Analysis of Binary Search and Quadratic Search in Big and Small Data. Computational Science and Techniques, 7, 605-615.
Onsardi, O., Muntahanah, M., & Toyib, R. (2020). Penerapan Algoritma Binary Search Dalam Pencarian Data Potensi Investasi Di Kabupaten Seluma Dengan Smartphone. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 3(3), 129-136.
Religia, Y., & Nurhakim, A. (2020). Analisa Algoritma Binary Search Untuk Mencari Data Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Pelita Bangsa Dengan Berbasis Android. Jurnal SIGMA, 10(3), 163-172., 1892, pp.68–73.
Sun, X., Hu, C., Lei, G., Yang, Z., Guo, Y., & Zhu, J. (2020). Speed sensorless control of SPMSM drives for EVs with a binary search algorithm based phase-locked loop. IEEE Transactions on Vehicular Technology, 69(5), 4968-4978.
Tobing, F. A. T., & Nainggolan, R. (2020). Analisis Perbandingan Penggunaan Metode Binary Search dengan Regular Search Expression. Methomika: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, 4(2), 168-172.
Wijaya, A., Maulana, M. F., & Danil, M. (2021). Aplikasi Pencarian Resep Masakan Khas Bengkulu Menggunakan Algoritma Binary Search Berbasis Android. Jurnal Media Infotama, 17(1).
Wu, L., Liu, S., Zhao, B., Wu, W., & Zhu, B. (2019). The research of the application of the binary search algorithm of RFID system in the supermarket shopping information identification. EURASIP journal on wireless communications and networking, 2019(1), 1-10.
How to Cite
Sitompul, B. J. D. (2022). Implementasi Algoritma Binary Search Pada Pencarian Data Jemaat. Jurnal Informatika Polinema, 9(1), 17-24. https://doi.org/10.33795/jip.v9i1.1123