PREDIKSI PRODUKSI ES BALOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SINGLE EXSPONENTIAL SMOOTHING

( Studi Kasus : PT. Panca Wira Usaha Unit Pabrik Es Kasri Pandaan )

  • Afirsta Aliyana Politeknik Negeri Malang

Abstract

Pabrik Es Kasri adalah perusahaan pabrik es yang berada di Pandaan, Jawa Timur berdiri sejak zaman Belanda tahun 1981 dan tetap beroperasi hingga sekarang. Es balok inilah yang paling sering dicari oleh masyarakat dan yang paling laku. Akan tetapi produksi es balok di Pabrik Es Kasri tiap bulannya tidak menentu dan juga permintaan es balok juga tidak bisa diperkirakan.Faktor yang mengakibatkan jumlah produksi pabrik es tidak menentu tiap harinya dan paling mempengaruhi turunnya jumlah produksi yaitu faktor iklim yang tidak bisa diperkirakan yaitu perubahan cuaca ekstrim yang mengakibatkan jumlah produksi menurun. Biasanya pada musim hujan produksi es balok menurun dikarenakan jumlah permintaan sedikit dan mengakibatkan omset penjualan juga menurun. Penelitian ini dilakukan untuk memprediksi jumlah produksi es balok di Pabrik Es Kasri Pandaan agar dapat memperkirakan jumlah produksi es batu pada bulan berikutnya menggunakan metode Single Exponential Smoothing. Single Exponential Smoothing adalah metode pemulusan tunggal yang menambahkan parameter alpha dalam modelnya untuk mengurangi faktor kerandoman. Perhitungan nilai kesalahan yang digunakan adalah Mean Absolute Percent Error (MAPE), adapun parameter yang digunakan untuk melakukan peramalan adalah alpha 0,1 sampai dengan alpha 0,9 , adapun parameter yang digunakan untuk melakukan peramalan adalah alpha 0,2 sampai dengan alpha 0,9. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji coba menggunakan metode Single Exponential Smoothing, menunjukan bahwa nilai MAPE terendah dan baik adalah 1,2436449 terletak pada alfa 0,9.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfarisi, S. (2017). SISTEM PREDIKSI PENJUALAN GAMIS TOKO QITAZ MENGGUNAKAN METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING.
Analisis dan Perancangan sistem. (n.d.). Retrieved from Metode Waterfall: https://muhammadapriansyah.wordpress.com/2016/12/13/metode-waterfall/
Assauri, S. (1984).
Fachrurrazi, S. (2015). PERAMALAN PENJUALAN OBAT MENGGUNAKAN METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING PADA TOKO OBAT BINTANG GEURUGOK. Techsi, 6.
Ginantra, N., & Anandita, I. (2019). PENERAPAN METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING DALAM PERAMALAN PENJUALAN BARANG.
Haryati, S. (2019). Sistem Forecasting Perencanaan Produksi pada PD. Adi Anugrah “Food Industry” Tanjungpinang dengan Metode Single Exponential Smoothing.
Laksmana, R. D., Santoso, E., & Rahayudi, B. (2019). Prediksi Penjualan Roti Menggunakan Metode Exponential Smoothing (Studi Kasus : Harum Bakery).
Margi S, K., & Pendawa W, S. (2015). ANALISA DAN PENERAPAN METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING UNTUK PREDIKSI PENJUALAN PADA PERIODE TERTENTU (Studi Kasus : PT. Media Cemara Kreasi). Prosiding SNATIF Ke -2 Tahun 2015 .
Mean absolute percentage error. (n.d.). Retrieved from Wikipedia: https://en.wikipedia.org/wiki/Mean_absolute_percentage_error
Produksi. (n.d.). Retrieved from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Produksi
Puspitasari, D., Mentari, M., & Faldiansyah, W. R. (2017). PENERAPAN METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING MENGGUNAKAN PENDEKATAN ADAPTIF PADA PERAMALAN JUMLAH PELANGGAN DAN KEBUTUHAN AIR PADA PDAM KOTA PROBOLINGGO.
Putro, B., Furqon, M., & Wijoyo, S. H. (2018). Prediksi Jumlah Kebutuhan Pemakaian Air Menggunakan Metode Exponential Smoothing(Studi Kasus : PDAM Kota Malang). 4679-4686.
Qamal, M. (2016). PERAMALAN PENJUALAN MAKANAN RINGAN DENGAN METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING.
Romadhon , R. (2017). PENGEMBANGAN APLIKASI PERAMALAN PENJUALAN DENGAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING SEBAGAI PENENTU KEBUTUHAN SAFETY STOCK.
Silitonga, E., & Fujiati . (2019). Penerapan Metode Single Exponential Smoothing Pada Penentuan Penjualan Karton Jadi Pada PT. Industri Pembungkus International.
How to Cite
Aliyana, A. (2022). PREDIKSI PRODUKSI ES BALOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SINGLE EXSPONENTIAL SMOOTHING. Jurnal Informatika Polinema, 9(1), 83-94. https://doi.org/10.33795/jip.v9i1.1107