IMPLEMENTASI ALGORITMA GENETIKA UNTUK SELEKSI FITUR PADA KLASIFIKASI GENRE MUSIK MENGGUNAKAN METODE RANDOM FOREST

  • Nurlatifah Amini Universitas Lambung Mangkurat
  • Triando Hamonangan Saragih Program Studi Ilmu Komputer. Fakultas MIPA, Universitas Lambung Mangkurat
  • Mohammad Reza Faisal Universitas Lambung Mangkurat
  • Andi Farmadi Universitas Lambung Mangkurat
  • Friska Abadi Universitas Lambung Mangkurat

Abstract

Penelitian ini mengenai klasifikasi genre musik menggunakan metode Random Forest dan Algoritma Genetika sebagai metode dari seleksi fitur. Dataset pada pengujian ini menggunakan  dataset dari GitHub atau GITZAN tentang genre musik dengan jumlah label ada 10, jumlah fitur ada 26 jumlah keseluruhan data ada 1000. Penelitian ini dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu dengan klasifikasi seluruh data, mengklasifikasi dengan data yang dinormalisasi, melakukan klasifikasi dengan data asli menggunakan tahap seleksi fitur Algoritma Genetika, dan mengklasifikasi pada data yang dinormalisasi dengan seleksi fitur menggunakan Algoritma Genetika. Pada penelitian ini Min-Max digunakan untuk metode normalisasi data, dan untuk perhitungan akurasi menggunakan metode Confusion Matrix. Performa akurasi yang dihasilkan ketika menggunakan seluruh data dengan data yang tidak dinormalisasi menghasilkan akurasi sebesar 62%, 59% dengan data yang dinormalisasi, 64% dengan semua data menggunakan seleksi fitur Algoritma Genetika dan didapatkan akurasi sebesar 67% dengan menggunakan seleksi fitur Algoritma Genetika yang datanya dinormalisasi. Hasil ini memberi pengetahuan  nilai rata-rata akurasi menunjukkan peningkatan dengan diterapkannya seleksi fitur Algoritma Genetika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amiarrahman, M. R., & Handhika, T. (2018). Analisis dan Implementasi Algoritma Klasifikasi Random Forest Dalam Pengenalan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO). Seminar Nasional Inovasi Teknologi, 83–88.
Bakhtiar, M. Y. (2020). Klasifikasi Penelitian Dosen Menggunakan Naïve Bayes Classifier dan Algoritma Genetika. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 5(2), 134. .
Gen, M. & Cheng, R. 1997. Genetic Algorithms and Engineering Design, New York : John Wiley & Sons, Inc.
Lingga, R. D., Fatichah, C. & Purwitasari, C. 2017. Deteksi Gempa Berdasarkan Data Twitter Menggunakan Decision Tree, Random Forest, dan SVM. Jurnal Teknik ITS. Vol. 6. No.1.
Prasetio, R. T., Rusmayadi, A. A., & Anshori, I. F. (2018). Implementasi Algoritma Genetika pada k-nearest neighbours untuk Klasifikasi Kerusakan Tulang Belakang. Jurnal Informatika, 5(2), 186–194.
Putri, N. M. E., & Ermatita. (2017). Review : Data Mining menggunakan Algoritma Genetika. Prosiding Annual Research Seminar 2017, 3(1), 235–238.
Rahmawati, R., Magdalena, R. & Ramayana, I, N, A. 2016. Perbandingan dan Analisis K-Nearest Neighbor dan Linear Discriminant Analysis Untuk Klasifikasi Genre Musik. Teknik Telekomunikasi, Universitas Telkom, Bandung. Vol.3. No. 2
Rukmi Gayatri, R. 2015. Klasifikasi Kemunculan Titik Panas Pada Lahan Gambut Di Sumatera Dan Kalimantan Menggunakan Algoritma Random Forest. Skripsi Departemen Ilmu Komputer FMIPA, Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Supriyadi, R., Gata, W., Maulidah, N., & Fauzi, A. (2020). Penerapan Algoritma Random Forest Untuk Menentukan Kualitas Anggur Merah. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 67–75.
Wahyudi., 2020. Implementasi Metode Random Forest Untuk Klasifikasi Genre Music. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru.
How to Cite
Amini, N., Saragih, T. H., Faisal, M. R., Farmadi, A., & Abadi, F. (2022). IMPLEMENTASI ALGORITMA GENETIKA UNTUK SELEKSI FITUR PADA KLASIFIKASI GENRE MUSIK MENGGUNAKAN METODE RANDOM FOREST . Jurnal Informatika Polinema, 9(1), 75-82. https://doi.org/10.33795/jip.v9i1.1028

Most read articles by the same author(s)